BERTANAM BUAH NAGA DI POT


Tanaman buah naga bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman rumah sekaligus bisa dinikmati buahnya.. Tentunya sangat menyenangkan bila kita bisa memetik sendiri dan menikmati buah naga, buahnya dapat dipetik setiap minggu apabila sudah memiliki lebih dari 10 cabang produksi.

Kelebihan penanaman buah naga di pot adalah kita biasa memindahkan dan mengatur letak tanaman sesuai keinginan. Tetapi untuk menghasilkan tanaman buah naga yang produktif tetap harus diketahui cara perawatan dan pemupukan yang benar.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam pembudidayaan buah naga di pot :

1. Menyiapkan Pot
Anda bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Tetapi menurut pengalaman, pot dari bahan tanah liat adalah yang paling ideal karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastic dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Ukuran pot yang digunakan semakin besar semakin baik, minimal berdiameter sekitar 40cm.

2. Menyiapkan Tiang Panjatan
Tanaman buah naga membutuhkan tiang panjatan untuk menopang supaya tidak roboh. Nantinya tiang ini akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi yang berat yang tentu saja perlu dipilih dari bahan yang kuat tetapi juga perlu diperhatikan jangan sampai pot tidak bisa menahan beban berat tiang panjatan.

Sebaiknya tiang panjatan dibuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama karena usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun. Tinggi tiang antara 150-200 cm disesuaikan dengan besar pot. Pada bagian bawah tiang diberi kaki-kaki penguat agar nantinya bisa kuat dan tidak mudah goyah. Untuk tiang dari besi beton, bagian yang terpendam dalam tanah bisa diberi aspal untuk menghindari karat. Untuk bagian atas tiang diberi piringan yang berbentuk seperti stir mobil yang berfungsi untuk menyangga cabang-cabang produksi yang banyak.

3. Media Tanam
Setelah pot dan tiang panjatan sudah selesai disiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Bahan-bahannya adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Anda juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 g dicampur rata dengan bahan-bahan tersebut. Kemudian media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.

4. Penanaman bibit
Bibit sebaiknya dipilih yang besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan bebas dari penyakit. Idealnya panjang bibit yang ditanam minimal 30 cm. Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10 cm, jangan terlalu dalam karena akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Setelah ditanam media tanam ditekan-tekan agar bibit tidak mudah roboh. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka tidak ternaungi yang terkena sinar matahari langsung.

5. Pemeliharaan Tanaman
Pemeliharaan tanaman buah naga yang ditanam di pot tidak jauh beda dengan buah naga yang ditanam dikebun yaitu meliputi pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan ( untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di http://www.buahnaga.us ) .Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah tanaman dipastikan menempel dengan baik pada tiang panjatan dan tidak roboh, oleh karena itu perlu dilakukan pengikatan batang buah naga pada tiang dengan menggunakan tali atau kawat dengan bentuk ikatan seperti angka ‘8’ tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusak batang atau cabang seiring pertumbuhannya yang semakin membesar.

Cabang hasil pemangkasan bisa ditanam kembali untuk menambah jumlah bibit yang bisa di tanam di pot yang lain. Semoga bermanfaat.


19 Komentar Pembaca:

julius mengatakan...

bingung nih membedakan mana cabang yang tidak diperlukan ... mungkin bisa dibantu dengan memberikan ciri-cirinya. thanks pak.

teuing-saha mengatakan...

saya di Medan bisa kah abang/bapak memberi saya alamat dimana saya bisa memperoleh bibit tanaman ini , tertarik nih gan menanam dalam pot .

yahoo indonesia mengatakan...

saya di medan saya mencoba menanam buah naga dalam pot.tapi saya tak tau gimana cara memangkas cab atau ranting agar batang buah naga bisa sehat dan besar.

yahoo indonesia mengatakan...

Dan bagai mana membuat komposter agar saya bisa mendaur sampah menjadi kompos cair

Anonim mengatakan...

saya di kediri ingin bertanya bagaimana cara pemasaran buah naga bagi petani pemula? apa pihak distributor bisa juga menjadi penampung hasil panen buah naga

Ayam Hutan Budidaya mengatakan...

kalau beli bibit paling sedikit berapa

Anonim mengatakan...

bingung nih....dgn kata kata 2:1 3:1 ....itu yang 3 apanya dan yang 1 apanya....mohon pencerahannya...tolong kirim ke email ku ya....terimah kasih sebelumnya....bambangwe@ymail.com

BuahNaga.us mengatakan...

Bahan-bahannya adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1

pasir 2, tanah 1, pupuk kandang 3, kompos 1 bagian. bingung apanya?

Budidaya buah naga mengatakan...

Informasinya sangat lengkap, mas...

buah naga memang merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan

afrifandi mengatakan...

saya dilhokseumawe dimanakah saya bisa mendapatkan bibit@...

Anonim mengatakan...

hmm,,
pupuk nya apa yaa ??
.hmm,,
pupuk nya apa yaa ??
.

nurhafni harahap mengatakan...

saya gk sempat menanam pakai pasir jd gmn ya?

DeKa mengatakan...

@nurhafni : banyak solusinya, diantaranya :
1. di sempat2in hari libur beli pasir
2. suruh orang/pembantu/teman beli pasir
3. telpon toko material bangunan yang jual pasir
4. minta tetangga yang sedang renovasi rumah, pasti punya pasir
5. pindah rumah/kontrakan/kos dekat pantai yang ada pasir
6. pakai tanah aja

huehehehe.....

Anonim mengatakan...

ini saya dari PALEMBANG mau tanya berapa harga buah naga dalam pot yang sudah berbuah??dan ada tanaman apa lagi selain buah naga dalam pot??

DeKa mengatakan...

Tabulampot kami juga jual ditempat saya, kalo kirim ke luar pulau susah packing pengirimannya dan lebih mahal ongkirnya, berbeda dengan potongan bibit saja. Tanaman lain banyak juga, kami menjual apel india, sawo, kelengkeng, sirsak ratu, jambu, mangga, dll. Silahkan hubungi pak andi untuk lebih lanjut.... Thanks

bocah mengatakan...

numpang tanya Gan, kalau sudah berbuah tapi buahnya rontok setelah mekar. gimana cara ngatasinya Gan ??????

yadi odonk mengatakan...

kalau bibit buah naga kuning dan hitam berapa

tati mengatakan...

mau tanya ni,,,tanaman buah naga saya ko setiap kali berbunga setelah nya menguning dan mati bunga nya itu,,,setiap berbunga ko seperti itu terus ya,,,itu kenapa,,,???

ekaleztary mengatakan...

pembibitannya yg gyak mana gan.. apa dari batangnya sndri










ya gan...????

Sebelum anda mengajukan pertanyaan, ada baiknya anda mencari artikel di menu SEARCH di pojok kanan atas. Artikel tentang Buah Naga juga kami ulas di http://www.denidi.com . Kami tidak akan menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah ada pada artikel kami. Terima Kasih