SYARAT TUMBUH BUAH NAGA


Tanaman buah naga termasuk tanaman tropis dan dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan tumbuh dan perubahan cuaca seperti sinar matahari dan curah hujan. Curah hujan yang ideal untuk pertumbuhan buah naga sekitar 60 mm/bln atau 720 mm/tahun. Pada curah hujan 600-1.300 mm/tahun tanaman ini juga masih bisa tumbuh. Tetapi tanaman ini tidak tahan dengan genangan air. Hujan yang terlalu deras dan berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan tanaman terutama pembusukan akar dan merambat sampai pangkal batang. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan sekitar 70-80 %, karena itulah tanaman ini sebaiknya ditanam dilahan tanpa naungan dan sirkulasi udara juga baik.

Tanaman ini lebih baik pertumbuhannya bila ditanam didataran rendah antara 0-350 m dpl. Suhu udara yang ideal antara 26-36 derajat Celcius dan kelembaban 70-90 %. Tanah harus ber-aerasi dengan baik dengan derajat keasaman (pH) 6,5 – 7.

Agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan maksimal, media tumbuhnya harus subur dan mengandung bahan organik cukup dengan kandungan kalsium tinggi. Drainase harus berjalan baik dan bersifat porous karena tanaman ini tidak tahan genangan air. Bahan organic yang digunakan harus benar-benar matang karena berfungsi menyangga kation dan aktivitas mikroorganisme dan penyedia hara. Beberapa bahan yang bias digunakan antara lain pupuk kandang, kompos, dan sekam. Media juga sebaiknya dicampur bahan anorganik seperti pasir dan bubuk bata merah yang berfungsi untuk memperlancar aerasi dan drainase. Dan yang perlu diperhatikan media tidak boleh mengandung garam.


13 Komentar Pembaca:

Anonim mengatakan...

terimaksih atas artikelnya sangat menarik sekali

Anonim mengatakan...

bagaimana cara penanaman yang baik

DeKa mengatakan...

Sama2, untuk cara penanaman sudah saya bahas di blog saya http://www.denidi.com. thank's

rani dwi utami mengatakan...

makasih atas infonya...
apakah syaratnya ini berlaku buat semua jenis buah naga..?

DeKa mengatakan...

@Rani : yup, kecuali jenis kuning... lebih cocok didataran tinggi..

arie mengatakan...

salam kenal bang,..
apakah di atas ketinggian 800 - 1000 mdpl, buah naga berwarna kuning masih bisa berproduksi dengan bagus??
thanks sebelelumnya atas infonya.....

DeKa mengatakan...

@arie : bisa mas, yang penting dapat sinar matahari. Thanks

stefani mengatakan...

salam kenal mas... saya sudah menanam bibit buah naga selama 1tahun, dengan pola tanama seperti jemuran. dan media tanam tersebut berdekatan dengan pohon mangga dengan tinggi kira kira 2meter. Lalu batang buah naga tersebut timbul bintik2 putih, dan terjadi pembusukan di batangnya, namun cabang2 nya masih tumbuh. ada yang berbunga namun layu saja, apakah ini ada pengaruhnya dari pohon mangga tersebut mas? dan media tanam seperti apa yang bagus untuk buah naga ini? apa buah naga yang saya budidayakan ini bisa dikatakan gagal?

DeKa mengatakan...

@Stefani : bintik-bintik putih itu serangan hama kutu yang bisa mengakibatkan batang busuk. Kalau pohon mangga menutupi dari sinar matahari jelas mengganggu, karena buah naga mutlak perlu sinar matahari. media yang bagus dari pasir atau bahan yang tidak lama menyimpan air. silahkan baca-baca di blog saya www.denidi.com

Jerry mengatakan...

berapa jumlah bibit yang harus ditanam dalam 1 tiang panjatan...???

irfan mengatakan...

lam kenal bang....
sya mw budi daya buah naga nich ? tp untuk tanah dan cuaca di sulsel cocok ga yah ?????? klo cocok aku mw nyoba 10 batang aja dulu untuk perkembanganya.

DeKa mengatakan...

semua daerah diindonesia (katulistiwa) cocok untuk budidaya buah naga.

gosyech mengatakan...

salam naga bang..........
gimana klo di tanam di lahan yang kadar tanahnya Asin....
thanks.....

Sebelum anda mengajukan pertanyaan, ada baiknya anda mencari artikel di menu SEARCH di pojok kanan atas. Artikel tentang Buah Naga juga kami ulas di http://www.denidi.com . Kami tidak akan menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah ada pada artikel kami. Terima Kasih