KHASIAT BUAH NAGA


Buah naga mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan dan mengobati keluhan keputihan.

Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90 % dari berat buah. Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks. Buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupu selai atau beragam bentuk penyajian sesuai selera anda.

Secara umum,pakar sependapat dan mengakui buah naga kaya dengan potasium, ferum, protein, serat, sodium dan kalsium yang baik untuk kesihatan berbanding buah-buahan lain yang diimport.

Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah , buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.

“Penelitian menunjukkan buah naga merah ini sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah.“Penelitian juga menunjukkan buah ini bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh,” katanya.

Secara keseluruhan, setiap buah naga merah mengandungi protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung; serat (mencegah kanker usus, kencing manis dan diet); karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit), kalsium (menguatkan tulang).

Buah naga juga mengandungi zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (mencegah demam badan); vitamin B2 (menambah selera); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat).

Berikut ini kandungan nutrisi lengkap buah naga :

Kadar Gula : 13-18 briks
Air : 90 %
Karbohidrat : 11,5 g
Asam : 0,139 g
Protein : 0,53 g
Serat : 0,71 g
Kalsium : 134,5 mg
Fosfor : 8,7 mg
Magnesium : 60,4 mg
Vitamin C : 9,4 mg


118 Komentar Pembaca:

Sisminto mengatakan...

buah yang enak...

Sisminto mengatakan...

buah yang enak dan segar... perlu dikembagin yang banyak di indonesia

Anonim mengatakan...

Kalo boleh tau kandungan nutrisi di atas bersumber darimana?
Terima kasih...

Anonim mengatakan...

Shalom, Bpk/ Ibu. Selamat siang. Saya mau tanya, apakah aman u/ di konsumsi setiap hari? Trus sehari boleh 2?
Saya sgt bersyukur pd Tuhan akn buah merah ini krn ank saya yg uda sektr 2-3 mggu agak sesak bab jd bisa Bab tanpa hrs masukin cairan Laxarec lg, dan juga kemrn agak demam tapi puji Tuhan setelah mkn buah merah seblm tidur, pagi ini telah segar & sehat.
Terima kasih sebelumnya buat kalian yg memberi pengetahuan bagi kami yg membutuhkannya.
God bless you & family :)

Buah Naga mengatakan...

@ anonim, kan sudah ditulis penelitian oleh : AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D.

Terima Kasih

Andreas Gunawan mengatakan...

Kalau buah mengkudu udah ada extractnya yang dikapsulkan seperti pacecap. Apakah buah naga juga ada extrctnya ???

Anonim mengatakan...

boleh ga buah naga buat baby yang umurnya 8 bulan?

tips komputer mengatakan...

terima kasih atas infonya

tips blog mengatakan...

untuk mendapatkan asli buah naga ini di mana ya???

Peluang Usaha mengatakan...

Harga pasaran buah naga berapa ya per buah? atau per kilo?

Anonim mengatakan...

kalau di malaysia ini,harga sebiji buah nya..lebih kurang ringgit malaysia 2 sahaja. sedap dan berkhasiat

khamaludin mengatakan...

wah maknyus tenan buah naga........
slam kenal semua....http://dimensilangit.com/
aku sangat suka dengan bauh naga coz rasanya asam,manis dan sangat segar..........

awen mengatakan...

Boleh juga nie buah harganya aja cukup MAHAL!!!per biji 15 ribu rupiah,rasax lumayan aneh bagi yang pertama mengkonsumsinya tapi setelah terbiasa lezat n seger banget.
Ga pa2 deh mahal,tapi nie buah kan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

andhika mengatakan...

berapa tu harga nya yang udh di kemas dalam botol

Joko mengatakan...

buah naga dapat meningkatkan stamina sex

antara mengatakan...

Saya sering minum juice buah naga, khasiatnya memang luar biasa, tetapi yang menjadi pikiran saya adalah penggemar buah naga ini cenderung orang2 menengah ke atas atau orang yg punya duit, bagaimana kalau buah naga nantinya bisa dinikmati untuk menengah kebawah juga.....sama halnya kita berbagi yang baik untuk semua orang.

Musisi Pecundang mengatakan...

bagus banget bung.. gua suka artikel lu???? Kasi lebih banyak lagi yak...

Rostina mengatakan...

makan buah naga memang baik untuk kesihatan. Layari
http://mytipskesihatan.blogspot.com/

riniivan mengatakan...

hi all,

mau tanya dong, ini kan yang dibahas buag naga merah. Hmm, kalo yan putih gimana y? apakah khasiatnya sama bagusnya? ( secara harga yan merah lebih muahaall dari yang putih )

trims dan lam kenal

Anonim mengatakan...

Gimana cara memeperoleh bibit buah naga sementara saya jauh dari pusat kota

Dian Fajar Samsi (a'an) mengatakan...

ijin kopi paste mas

Anonim mengatakan...

Asslm.wr.Wb.
saya mohon penjelasan mengenai buah naga, mengenai perbedaan antara buah naga yang putih dengan yang merah, apakah kadar dalam masing-masing buah tersebut ada perbedaan, terus mana yang lebih manjur khasiat antara kedua buah tersebut.
HARIADI

cahaya_dexa mengatakan...

buah naga

Anonim mengatakan...

bagaimana cara nanamnya.............?

dewi mengatakan...

apakh buah naga baik jg utk darah tinggi??

Anonim mengatakan...

cara menanam buah naga tuh gimana...???

Anonim mengatakan...

bgaimana cara mengkonsumsi buah naga yang baik dan benar??
dan apakah bisa secara langsung dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh kita?
trimakasih

Anonim mengatakan...

Saya rutin makan buah naga 1 hari paling tidak 1 buah naga merah besar, tapi pengalaman saya, kalo satu buah besar itu saya langsung habiskan, di perut jadi gak enak dan diare. tapi diarenya akan sembuh sendiri kalo makannya gak langsung banyak,
Khasiatnya bolehlah unt problem kolesterol, unt yg lain belum tahu.

Obat Herbal Alami mengatakan...

Mas... Ijin Copas n di blog saya...

Yuli mengatakan...

saya punya pengalaman makan buah yang merah itu bikin air kencing jadi warnanya agak kemerahan juga.

Anonim mengatakan...

sehabis makan buah naga merah (1buah), kok urine saya berwarna merah darah, apakah ini normal?
apakah ada yang mengalami hal serupa?
tolong pencerahannya?

ly mengatakan...

tadinya saya ga suka buah tp setelah nyoba buah naga jd ketagihan.klo lg hamil boleh ga ya??

Anonim mengatakan...

Buah naga mengandung banjak kalsium kalau dikomsumsi oleh penderita arter sclerosis apa boleh?maksih ya

Anonim mengatakan...

baru kemaren nyoba buah naga,,ternyata emang enak ya buahnya,,sebelumnya ga prnah tertarik nyoba,,soalnya sudah ga tertarik liat bntuk buahnya,,padahal ibnu saya sering stock di dlm kulkas,,
thx ya infonya

Made mengatakan...

Shalom,Bpk/ibu,selamat malam.Saya sangat senang dapat info mengenai buah naga.Dan saya akan lebih senang lagi apa bila Bapak/Ibu bisa memberikan saya info yang lebih detail lagi dari pertanyaan saya berikut ini;
1.Apakah cocok buah naga di berikan pada pasien yg mengalami gangguan ginjal/gagal ginjal?Orang tua saya sudah/sedang jalani cuci darah hampir selama 3 tahun.
2.Orang tua saya sering cenderung mengalami Hipertensi/tensi 150 (tekanan darahnya).

Atas informasinya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya
Made Ardipa
Denpasar-Bali

Anonim mengatakan...

saya baru pertama kali makan buah naga, pencernaan jadi lancar

LysTya!! mengatakan...

Buah yg enak..
Mniss,,sdkit kcut alias asam..
Tp ttp enaaaakk bngeett!!

Anonim mengatakan...

apakah buah naga juga bisa mengobati lemah sahwat?

Anonim mengatakan...

Salam hangat...

Saya pernah makan buah naga tapi yang putih. Kemarin saya mencoba makan buah naga yang merah. Eh.. ternyata merahnya nempel di tangan dan lidah. Apakah memang buah naga yang merah mempunyai efek merah yang begini?? Karena ada teman yang mengatakan harusnya tidak nempel itu merah.
Terus pertanyaan saya berikutnya adalah apakah aman kalau dikonsumsi wanita hamil..?
Terimakasaih atas infonya..

D2 mengatakan...

betul, makan buah naga bikin saluran pencernaan sehat.......
ga cepat haus.....

Tias mengatakan...

enak banget. apalagi ada bintik-bintik hitam. lucu.............

Aziz Mustika Aji mengatakan...

saya setelah makan buah ini kok urine dan feses saya menjadi warna ungu ya?? mohon penjelasannya..

Anonim mengatakan...

waw...
buah naga merah pas di bikin agar jelly...
rasanya enak sekali...

Anonim mengatakan...

APAKAH KHASIATNYA DAGING BUAH NAGA YANG BERADA DI BAWAH KULIT BUAH NAGA ? (BUKAN JEROAN NYA BUAH NAGA)

rio mengatakan...

Kamaluddin azikin.
istri saya kata dokter terjadi pendarahan dibawah kulit dikaki shg terjadi bintik-bintik sangat banyak.setelah mengkomsumssi buah naga merah selama seminggu berangsur hilang......

tri wisnu mengatakan...

memang sangat berkhasiat sekali...jika tertarik dengan produk olahannya bisa kunjungi http://herbal-produc-tindonesia.blogspot.com

rio mengatakan...

apakah kandungan buah yg berwarna putih sama dengan yg merah ?(mana yg lebih bagus)

zhie mengatakan...

apakah buah naga baik di konsumsi untuk orang yang mengalami penyakit gula....????

zhie mengatakan...

apakah buah naga baik di konsumsi untuk penderita penyakit gula...???
apakah ada khsiat untuk penderita penyakit gula...????

Anonim mengatakan...

Saya sangat tertarik dengan budidaya buah naga dan ingin menanam tanaman ini dilahan pekarangan rumah saya,saya butuh informasi tentang jumlah pesanan minimum bibit buah naga,serta bagaiman sistem pengirimannya dan apakah melayani pemesanan dari daerah Aceh dengan hanya memesan 10 atau 20 bibit saja?
Terima kasih atas infonya......

Anonim mengatakan...

buah naga emang enak bgtsss

Anonim mengatakan...

bisa ga dikombinasikan ma buah lain kalo dijus,misalnya dicampur ma nenas,ato pir dan apel

Roseilia mengatakan...

Saya jg doyan sama buah naga merah selain rasanya yg bnr2 seger jg byk manfaatny, aplh Sy type Org yg senang hdp sehat. kebetulan Bayi Sy jg doyan dgn buah yg 1 ini. Di tempat tinggal sy sih hargany 20rb-an 1 buah. Kemahalan ga y ?

Anonim mengatakan...

saya ini sedang hamil dan mengalami kurang darah...adakah buah ini bisa menambahkan darah saya..?

fajar komariyah mengatakan...

BuAh yaNg EnAx dAn SegAR dAN MeMpUnyAi kHaSiAt Yang BaNyaK BaGi KESehATan MaNuSiA,,,

anicka mengatakan...

Saya suka Jus Buah Naga rasanya uenaak gtu...... Kini saya ingin membudidayakannya, bisa tolong bantu..... Tq
bX-u7k3a4

rachman mengatakan...

sy coba beberapa kali makan buah naga,ternyata cuma buah ini yg dimakan merah keluarnya merah,..yg lain keluarnya kuning,....

etadiba mengatakan...

artikel bagus pak..boleh kopas ya...

unek2ku mengatakan...

wah banyak kandungan gizinya yaa... apantes harganya mahal.....

vibra mengatakan...

assslmkm..pak saya mau tanya anak saya umur yg berusia 1 thn 2 bln,sangat suka makan buah naga,apakah boleh mengkonsumsi setiap hari,apakah ada efek sampingnya...

Anonim mengatakan...

apakah buah naga bisa menyembuhkan penyakit chikungunya??

Anonim mengatakan...

Nama sy Hendra, umur 39th, selama ini sy mangalami kesulitan BAB, dan untuk mengatasinya sy mengkonsumsi minuman suplemen Ve..ta,seiktar sepuluh tahun sy mengkonsumsi minuman ini supaya BAB lancar, sampai akhirnya sy menemukan obat mujarab lainnya untuk megatasi susah BAB, obat tersebut adalah BUAH NAGA !!!!!, dan sudah 1 bulan ini sy stop minum suplemen Ve...ta,dan berganti ke buah Naga, hasilnya...Maknyuuuuuussss!!!
Buah Naga lebih hebat dari minuman suplemen,Badan Sehat, BAB Lancar. terima kasih Tuhan, atas anugrahMU yaitu Buah Naga.

Anonim mengatakan...

tapi karbohidratnya banyak banget. sedangkan kalo untuk diet harus dikurangi karbohidratnya...

nurdiyah az zahra mengatakan...

ijin share ke blog saya..terima kasih

agung naufal mengatakan...

saat aku makan buah ini,penyakit ku hilang.makasih ya!!!

nitasari mengatakan...

apa perbedaan khasiat atara buahn naga yang buahnya berwarna merah dan putih??? bagaimna kandungan nutrisinya??

Anonim mengatakan...

Gua suka banget... apalagi d bikin cocktail.... hummm...

Anonim mengatakan...

saya belum pernah liat secara langsung.Masih pnasaran sama khasiat rahasia buah Naga

Rovi mengatakan...

Buah naga lebih enak dan lebih segar dari pada buah naga putih

Tutut Oktavia mengatakan...

seger banget ya siang-siang gini makan buah naga.... :D

ARMY mengatakan...

koq harga buah naga di toko - toko besar makin mahal ya??makin mahal ya???

Anonim mengatakan...

Ketika membaca ini saya sedang memakanya

zahra mengatakan...

Jus buah naga memang jus yang segar, terima kasih atas informasinya tentang buah naga.

Pak De Guh mengatakan...

Wah naga-naganya buah naga ini bisa jadi naga ekonomi.....

Anonim mengatakan...

terima kasih atas informasinya tentang buah naga

lely mengatakan...

tapi aq minum jus naga murni tensiku drop....kenapa ya......

hidup bahagia mengatakan...

sekarang emang lagi seru2nya bicarakan buah naga,prospek bisnisnya gmn ne? trims

DeKa mengatakan...

analisa usaha, prospek bisnis, pemasarannya sudah saya bahas di http://www.denidi.com


thanks

Abdul Rohim mengatakan...

info yang bermanfaat...trimakasih.

Agung Dwi Prasetyo mengatakan...

abis traweh saya makan buah naga merah
eh habis shalat subuh air kencing saya berwarna merah darah,saya sudah panik tuh!
lalu 2 jam kemudian air kencing berwarna ungu gitu.
saya langsung beranggapan itu akibat makan buah naga merah

juvida mengatakan...

Terimakasih infox..
salam kenal ya, jangan lupa mampr juga ya di: http://nilaisehat.blogspot.com

Anonim mengatakan...

mas, penltian oleh AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, thun brp y mas???

DeKa mengatakan...

penltian oleh AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D kurang tahu tepatnya, tapi tahun 2005 sudah ada saya membaca di situs asing yang memuat artikelnya.

addez mengatakan...

buah naga bau haha

Anonim mengatakan...

apakah buah naga putih dan merah sama khasiatnya? thx

DeKa mengatakan...

Maaf kalau masalah khasiat saya kurang paham, hanya mendapatkan beberapa informasi penelitian... mungkin yang merah lebih bagus daripada yang putih. Thanks

Anonim mengatakan...

Mohon pencerahannya.... pohon buah naga saya diserang semut, pada duri-duri batangnya sampai berubah warna orange, bagaimana menanggulanginya...??? Thx...

DeKa mengatakan...

Obat semut banyak tersedia di toko-toko pertanian, kalau batang berwarna oranye bisa karena kurang air atau kutu (bukan semut).

Manfaat Kesehatan mengatakan...

buah ini enak banget dan mempunyai manfaat buat kesehatan jadi disarankan untuk mengkonsumsi buahan ini

vcard mengatakan...

dan biasanya untuk mengatasi semut berikan insktisida berupa furadan secukupnya bila terjadi pengendalian di atas ambang pengendalian manual

Anonim mengatakan...

DAN JUGA MGATASI SEMUT BERI AJA POSPHITE WWW.PHOSPHITE.COM

Khasiat Sirsak mengatakan...

Makasih infonya mas, tapi untuk rasa kok kurang enak ya. Biar enak gimana mengolahnya ?

Lembidi mengatakan...

Kalo boleh tanya, dampak negatif dari buah naga ap ya??
Kan saya memakan buah naga, lalu besok ny kok gua sakit perut??
Abis tu, pening kepala. napa tu??
HEHE, plis, jawab pertanya'an ku!! :D :D!!

Healthy Living mengatakan...

Informasi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan,

salam dari blog : Healthy Living

Anonim mengatakan...

buah naga sangat enak untuk di makan apa lagi di buat cake

maknyooos

Anonim mengatakan...

Anak saya makan buah naga merah, urine nya jadi merah juga.....ada yg punya pengalaman sama ndak?

lukisan bunga mengatakan...

thanks infonya :)

Anonim mengatakan...

mau nanya klu untuk org yg sudah memiliki kadar gula yg cukup tinggi bgm caranya mengkonsumsi buah naga apabila dijus
tq

DeKa mengatakan...

Ya langsung dijus aja tanpa campuran apa2. thanks

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum.
saya coba di pot dpan rumah, trnyata skitar 12 bulan dah berbuah. jd tertarik budidaya, ada lahan dipegunungan 15 hektar. tpi masih ragu budidaya, mslhnya blum ketemu ama pembeli yang siep beli banyak secara kontinyu. hwatirnya stelah produksi banyak malah gak ada yang beli. gk mungkin kan di ecer semua, kapan abisnya? akan sangat hebat kalo penjual bibit bertanggung jawab beli hasil panen. gak cuman ngasi cerita manis doank

GEMA BAND official label mengatakan...

apa benar rasanya kaya sabun manis

Anonim mengatakan...

Untungnya baca komentar2 yang ada, tadi siang makan buah merah beberapa jam kemudian buang air kecil dan bab jadi berwarna merah keunguan. Saya sudah panik aja kalau2 yang buang air jadi bercampur darah. Ingat habis makan buah merah habis itu langsung browsing ttg buah merah. Thanks

Atax blog mengatakan...

buah yg satu ini memang enak...saya menyukainya :)

Anonim mengatakan...

mmm buah yang baik untuk kesehatan .............

thanks infonya :)

satrio mengatakan...

Manfaat dan Khasiat Buah Naga memang banyak ya, selain buahnya yang segar manfaatnya pun berlimpah

Hidupsehat mengatakan...

sama juga, awalnya kaget warna merah di air seni, tapi baru sadar setelah inget makan buah naga merah sebelumnya.

Efniwati mengatakan...

Saya ada penggemar buah naga, hampir setiap hari saya mengkonsumsi buah naga, adakah dampak negatifnya terhadap kesehatan?
Sekarang ini saya sdng sakit kanker payudara dan sdng kemoteraphy?
mohon jawaban..
salam kenal, terima kasih

Efniwati mengatakan...

Nama saya efniwati
saya adalah penggemar buah naga dan hampir tiap hari saya mengkonsumsi buah naga, adakah efek negatif bagi kesehatan.
Sekarang saya sdng menjalani kemoteraphy karena penyakit Kanker payudara yang sya derita.
terima kasih

Anonim mengatakan...

di jogja pesisir buah naga putih perkilo +/- 12ribu, langsung di petaninya

isnan mengatakan...

ada yang tahu ga nama buku tentang buah naga???

A. Antos mengatakan...

informasi berharga sekali, trims atas di muatnya artikel ini sob

Anonim mengatakan...

buah naga apa bisa engatasi pengapuran pada tulang

cara pembelian ace maxs mengatakan...

selain enak punya banyak khasiat,,
subhanaallah :)

cara pembelian ace maxs mengatakan...

belum pernah nyoba tapi emang bener banyak khasiatnya ,,

unja mengatakan...

memang benar kok kasiat nya...luar biasa sekali

eva prancina mengatakan...

bagi saya sebelum saya tidur malam dan setalah bangun pagi saya selalu mengkonsumsi buah naga sebelum mengkonsumsi yang lain

Ade Hanif mengatakan...

ALHAMDULILAH SETELAH SAYA MENGKONSUMSI BUAH NAGA INI,,BADAN SAYA YANG TADINYA SAKIT SEKARANG MENJADI SEMBUH :):)

THNK JUGA ARTIKELNYA :):)

Darman Purba mengatakan...

Kalau makannya banyak urine bisa kemerahan.

Sebelum anda mengajukan pertanyaan, ada baiknya anda mencari artikel di menu SEARCH di pojok kanan atas. Artikel tentang Buah Naga juga kami ulas di http://www.denidi.com . Kami tidak akan menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah ada pada artikel kami. Terima Kasih