BUDIDAYA BUAH NAGA DI KEBUN


Pembudidayaan buah naga untuk usaha produksi dilakukan dikebun. Untuk menghasilkan produksi yang maksimal tentu saja harus dengan persiapan yang matang, perawatan yang baik dan penanggulangan gangguan penyakit yang tepat. Berikut ini kegiatan pembudidayaan diulas secara lengkap :

Pengolahan Tanah
Pengolahan tanah adalah faktor penting yang harus diperhatikan agar tanaman buah naga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Perakaran buah naga memerlukan tanah yang gembur karena perakarannya merayap dipermukaan tanah, apabila tanah terlalu keras atau liat, akar tidak bisa tumbuh baik pada tanah.

Sebelum digemburkan sebaiknya tanah dibersihkan dari gulma dan rerumputan untuk menghindari penyakit. Setelah itu tanah digemburkan dengan mencangkul sedalam satu cangkulan dengan dibolak-balik. Setelah itu dibuat lubang-lubang tanam sesuai dengan cara tanamnya apakah menggunakan system panjatan tunggal atau sistem kelompok

Pada sistem panjatan tunggal pengolahan tanah hanya dilakukan disekitar lubang tanam saja, berbeda dengan sistem kelompok pengolahan tanah dilakukan pada seluruh alur barisan tempat penanaman.

Media tanam untuk panjatan tunggal menggunakan campuran tanah galian diberi pasir sekitar 5 kg, bubuk bata merah 5 kg, pupuk kandang kering 10 kg dan dolomit 300 g kemudian dicampur sampai merata.

Pada model sistem tanam berkelompok untuk setiap alur sepanjang 4 m media tanamnya yaitu pasir 8 kg, pupuk kandang 20 kg dan bisa ditambahkan bubuk bata merah sebanyak 10 kg apabila tanah terlalu porous. Jika tidak menggunakan bubuk bata merah , jumlah pupuk kandang ditambahkan 10 kg lagi jadi total 30 kg. Ditambah dolomit yang mengandung magnesium sebanyak 600g. Bahan-bahan tersebut dicampur merata pada tanah galian.

Setelah penyiapan media tanam selesai kemudian disiram dan biarkan terkena matahari sampai kering. Pengeringan ini bertujuan agar tanah terbebas dari racun dan penguapan lain.

Sistem Pengairan
Untuk sistem pengairan pada lahan disesuaikan dengan kondisi lahan, system cara tanamnya, dan pengadaan sumber air yang ada disekitar lahan. Bisa menggunakan cara pengairan tradisional yaitu system leb yaitu menggunakan parit sedalam 20 cm yang dibuat disekitar barisan tanaman. Atau juga bisa menggunakan system pengairan pipa yang dibuat sedemikian rupa untuk mengalirkan air pada seluruh tanaman.

Penanaman Pada Lahan
Penanaman bibit lahan tanam yang harus diperhatikan adalah kedalaman yang terlalu dalam malah akan menghambat pertumbuhannya. Kedalaman penanaman adalah 20% dari panjang bibit. Misal bibit yang mau ditanam berukuran panjang 50-80 cm maka kedalamannya sekitar 10-15 cm. Sebelum ditanam sebaiknya bibit setek diolesi Ridomil sebanyak 40 g yang dicampur dengan 1 liter air untuk mencegah kebusukan pada pangkal batang setek.


33 Komentar Pembaca:

Anonim mengatakan...

mohon petunjuk apakah buah naga merah memerlukan peyerbukan untuk meghasilkan buah trims.[dj_gunadi@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

dalam budidaya buahnaga, apa saja kendalanya?

sugeng sudjarwo mengatakan...

pada daerah ketinggian berapa buah naga bisa tumbuh dan menghasilkan buah yang bayak

Anonim mengatakan...

bagaimana cara mendapatkan bibit buah naga

Anonim mengatakan...

bagaiman caranya agar bunga buah naga bisa menjadi buah? karena selama ini pohon naga saya tidak bisa berbuah hanya berbunga saja. tolong sarannya

Anonim mengatakan...

bagaimana cara buah naga bisa brbuah?karena selama ini buah naga saya hanya dapat berbunga selanjutnya busuk dan kemudian selang beberapa hari kemudian berbunga lagi terus busuk.dan itu berangsur2?apakah cuaca mempengarui?karena pada saat ini di kota saya sedang musim penghujan?

ningrum mengatakan...

saya mau tanya...
buah naga di kebun saya sudah berbunga 2 kali. tapi bunga itu ga pernah bisa jadi buah. padahal saya juga sudah berusaha membantu penyerbukannya.
apa yang harus saya lakukan??

CARA TANAM mengatakan...

apa bisa di tanam di dataran tinggi dengan tanah yang gembur?.....
apa ada mess/pupuk khusus?.....
mohon dijelaskan lebih lanjut pola menanam tunggal dan kelompok?.....
trims

ali mengatakan...

bgm agar bunga naga bisa menjadi buah ? mohon petunjuk.saya pnya pohn naga yg sdh berbunga tp blm pernah menjadi buah

Anonim mengatakan...

saya mau tanya,
bagaimana kalau cabangnya itu ada yg menguning dan sedikit busuk.
adakah obatnya atau langsung di pangkas saja
terima kasih

gunawan mengatakan...

apakah anda bersedia menampung buah naga kami petani dari daerah pekanbaru

(gunawanlo79@yahoo.com)

Quality Score Google Adwords mengatakan...

thanx infonya.. :)

Anonim mengatakan...

ada no kontak person nya???untuk bisa dihubungi, saya tertarik untuk berbisnis buah naga, kalo ada yang bisa kerja sama dalam penyedian bibit lebih baik, saya berada di SUMATERA BARAT...
balas ke email saya di octa_piyanus@yahoo.com

Elisabeth mengatakan...

Mohon petunjuk, kenapa tidak mau berbuah ya... bunga banyak banget.

DeKa mengatakan...

@Elisabeth : penyerbukan tidak berhasil (gagal) silahkan baca2 artikel saya di http://www.denidi.com. thank's

sayyidina syah mengatakan...

saya tanya buah naga saya udah mulai berbunga namun setelah itu, mati dan pangkal buah nya akan kuning ikut mati juga gimn mengatasinya agar tetep pangkal buah itu menjadi hidup tidak kuning..dan akhirnya gagal buah

yenamotor mengatakan...

bisa dicoba nich

adiratno mengatakan...

kalau pesan bibit buah naga dimana ya... ada di daerah jawa barat?

Anonim mengatakan...

pohon buah naga saya sudah berumur 5 bln, sebagian banyak cabang ke-2 (sekunder) apakah cabang sekunder perlu dipangkas untuk mempercepat proses pembungaan, apakah akar (dp usia 5 bln) cukup kuat utk mensuplai kebutuhan nutrisi tanaman jika pohon tersebut dilakukan aplikasi perangsang pertumbuhan bunga? jika pohon berumur krg 1 thn sebaiknya berapa byk bunga yang dipertahankan utk menjadi buah agar buah bisa besar?
terima kasih

Anonim mengatakan...

kalau kita menanam di lahan gambut bisa nggak ?

Anonim mengatakan...

unsur apa yang diberikan untuk tanaman buah naga agar buahnya lebih besar????????????

DeKa mengatakan...

coba kesini : http://www.denidi.com/2011/03/cara-menghasilkan-buah-naga-ukuran.html

Akin Tohari mengatakan...

Selamat malam Pak,
Saya mau menawarkan bibit buah naga jenis merah dan jenis putih,
sudah berakar dan bercabang, tinggi sekitar 30-50 cm.
harga Rp.20.000/pohon.
Bila berminat silahkan hubungi:Akin Tohari di 085245244975
Lokasi Parung, Bogor,
Melayani pesan antar.
Terima kasih,,,

DeKa mengatakan...

Akin Tohari : maksudnya gimana nih? Kok lebih mahal dari harga jual saya? Jenis putih saya jual cuma 10ribu, dan merah (bukan super red) juga cuma 12ribu? Rugi donk....hehehe....

Anonim mengatakan...

tolong jawab pertanyaan saya
bagaimana cara memperbanyak produksi buah naga

DeKa mengatakan...

tolong baca dulu tulisan-tulisan saya di www.denidi.com

taslan aja mengatakan...

wat yg kesulitan mencari media tanam pake aja sekam siap pakai (sudah ada pupuk kandangnya) @10rb cukup untuk satu lubang tiang buat 4pohon, alhamdulillah walau br belajar tanaman naga sya pertumbuhannya sangat pesat dan besar2 (baru 4bln panjangnya sdah 1,5meter) dan skr ujungnya sudah sy pangkas agar tumbuh 2 cabang sekunder..

Anonim mengatakan...

dalam satu kali penanaman buah naga, berapa jumlah bibit yang perlu ditanam...?

kok saya lihat di internet dalam satu tiang penyangga ada 3 buah cabang utama.

Anonim mengatakan...

dari Owang : saya juga lihat dalam satu tiang penyanggah ada 3, idialnya berapa pohonsih, apa bisa satu pohon saja?

achmad khambali mengatakan...

apakah di daerah dataran tinggibisa dibudidayakan buah naga

IdaSanjaya98 mengatakan...

mantap tulisannya sobat............
salam kenal.......

wardisa susanto mengatakan...

bagaiman caranya agar bunga buah naga bisa menjadi buah? karena selama ini pohon naga saya tidak bisa berbuah hanya berbunga saja. tolong sarannya

wardisa susanto mengatakan...

saya mau tanya...
buah naga di kebun saya sudah berbunga 2 kali. tapi bunga itu ga pernah bisa jadi buah. padahal saya juga sudah berusaha membantu penyerbukannya.
apa yang harus saya lakukan?

Sebelum anda mengajukan pertanyaan, ada baiknya anda mencari artikel di menu SEARCH di pojok kanan atas. Artikel tentang Buah Naga juga kami ulas di http://www.denidi.com . Kami tidak akan menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah ada pada artikel kami. Terima Kasih